Minggu Ini, Harga Buah Sawit di Riau Naik Jadi Rp2.130 Per Kilogram


Harga tandan buah sawit (TBS) di Provinsi Riau periode 11-17 November mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp 15.69/Kg dari harga minggu lalu. 


Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, dengan adanya kenaikan tersebut, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.130,88/Kg. Kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. 

"Untuk faktor internal, naiknya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," katanya.

Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 52,00/Kg, PT. Astra Agro mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 34,00/kg, PT. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 72,66/Kg dari harga minggu lalu.


"Sementara dari faktor eksternal, naiknya harga kelapa sawit minggu ini karena harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Malaysia kembali melesat. 

Harga minyak yang naik membuat penggunaan biodiesel dari minyak sawit menjadi lebih menarik. "Sebaliknya, jika harga minyak anjlok membuat penggunaan minyak sawit untuk biodiesel menjadi kurang kompetitif," jelasnya.--mcr/nal.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Minggu Ini, Harga Buah Sawit di Riau Naik Jadi Rp2.130 Per Kilogram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel